Selasa, 21 Juni 2016

Leonardo da Vinci lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia pada 15 April 1452. Da Vinci  adalah seorang arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe (manusia renaisans) dan sebagai genius universal (orang yg jenius dari berbagai disiplin ilmu). 

Da Vinci terkenal karena lukisannya yang tak hanya indah namun juga menggemparkan dunia dan misterius, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwi warna. Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan kuliner. Ilmuan yang cerdas tidak akan lupa dengan urusan lidah dan perut. 

Leonardo Da Vinci adalah anak dari Ser Piero Da Vinci dan Caterina. Ia memiliki nama lengkap Leonardo di Ser Piero da Vinci yang berarti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci.
Pada usia anak - anak, Leonardo sudah belajar ssni lukis dengan Andrea del Verrocchio dan mulai melukis di Firenze. Ada kabar mengisahkan Verrochio guru Da Vinci menyatakan pensiun melukis setelah menyaksikan bahwa lukisan muridnya yang satu ini lebih bagus dari lukisannya sendiri.

Selain menjadi pelukis, Leonardo juga sanggup menunjukkan kemampuannya di bidang yang lain.
Tahun 1481 Da Vinci pindah ke Milan untuk bekerja dengan Adipati (Duke). Hasil karyanya selama di Milan yang paling fenomenal adalah Kuda Sforza yang dikerjakannya selama kurang lebih 11 tahun. Namun di situ ia tidak hanya melukis dan membuat patung saja, melainkan juga mengubah jalan-jalan sungai dan membangun kanal-kanal, serta menghibur Duke dengan memainkan lut dan bernyanyi. Kemudian Da Vinci bekerja untuk Raja Louis XII dari Perancis di Milan, kemudian Paus Leo X di Roma dan membantu Raphael dan Michaelangelo dalam merancang katedral Santo Petrus.

Setelah meninggal dunianya, sangat kuat ditengarai bahwa Da Vinci pernah memegang peranan sebagai orang terkuat di sebuah organisasi rahasia bernama Priory of Sionyang penerus tugas Knights Templar. Apakah organisasi rahasia ini? Banyak alasan mengarahkan pada suatu dugaan bahwa Priory of Sion merupakan sebuah organisasi yang menjaga ketat-ketat rahasia sejarah kristiani.
Leonardo da Vinci wafat di Clos Lucé,Perancis pada tanggal 2 Mei 1519, dan di makamkan di Kapel St. Hubert di kastel Amboise,Perancis. Dengan meninggalkan banyak warisan seni, ilmu pengetahuan dan misteri.

0 komentar:

Posting Komentar